Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari Jumat

Surat al kahfi adalah tergolong surat yang istimewa diantara surat-surat yang lain di dalam al-Quran. Bukti keluarbiasaan atau keutamaannya adalah disunahkan untuk dibaca pada hari jumat. Rasulullah saw menurunkan beberapa perembukan terkait taktik ini. Dan diantara keunggulan surat al kahfi tersebut adalah kalau pembacanya bakal mendapatkan:

1. Mendapat Nur

Terdapat kira-kira hadis yang menjelaskan merek[ki] pembaca Surat al Kahfi akan menjadi cahaya. Serta cahaa yang diberikan tersebut juga pada berbagai bentuk.

2. Diampuni Dosa

Segala manusia detik hari konklusi butuh lepas dari Almalik. Jika kekhilafan dan noda yang dimiliki manusia bertumpuk, sementara pahala yang terkumpul hanya lumayan, maka valid mendebarkan hati jika cukup dosanya ini menjadi sumber masuk si ngiang-ngiang. Maka detik itu dia sangat memerlukan ampunan Sang pencipta. Jika telah diampuni dan bersih segenap dosa, yang dia miliki tinggal pahalanya. Surat al Kahfi yang ada menjadi tumpuan datangnya magfirah Allah antara dua jumat yang dilaluinya.

3. Dilindungi Dari Cercaan Dajjal

Tiada manusia yang tahu benar kapan Dajjal akan muncul. Namun serasi dengan berbagai keterangan hadis, dajjal akan datang di pucuk jaman, beserta membawa fitnah yang memusnahkan aqidah manusia. Dajjal punya berbagai kemampuan di luar kemampuan khalayak normal.

Lewat akan datang tandus panjang. Detik itu dari muncul ketohoran dan kelaparan. Di sinilah peran Dajjal datang menggunakan membawa ujian. Penduduk dalam suatu wilayah yang tidak target tunduk saat Dajjal bakal dibiarkan kekurangan. Namun apabila mau tawaduk, Dajjal hendak menurunkan hujan.


Dajjal pun memiliki pengaruh kecepatan berpindah dari tunggal tempat ke tempat berbeda. Hanya saja dia tidak siap memasuki Mekah dan Kota madinah. Juga akan bersamanya seakan surga & neraka. Jika tidak berhati-hati akan beberapa orang tertipu menggunakan ujian itu hingga berpaling dari keimanan.

4. Mengakui Iman

Surat al Kahfi berisi kisah-kisah di dalamnya. Diantaranya skandal ashabul Kahfi, kisah pencedok dua lahan, kisah Nabi Musa menggunakan nabi Khidir, dan kisah raja Dzulkarnain. Kisah ashabul Kahfi buncit tentang karet pemuda yang mempertahankan iman hingga mesti mengasingkan bangun di hamba.

Kisah Rasul Musa pada Nabi Khidir mengisahkan mengenai Nabi Musa yang berguru pada khalayak beriman Nabi Khidir yang sering “berseberangan” dengan fikrah Nabi Musa. Namun ternyata Nabi Khidir memiliki kecakapan yang terdapat hikmah yang bukan dimiliki nabi Musa.

Ruang Membaca Surat Al Kahfi

Surat al Kahfi disunahkan untuk dibaca pada pada setiap hari jumat. Dalam Agama islam perhitungan tarikh adalah dimulai dari setelah terbenamnya matahari dan stop pada saat terbenam matahari di hari berikutnya. http://www.suratalkahfi.com/ tarikh jumat di dalam Islam dimulai malam jumat atau perian kamis sehabis maghrib sampai hari jumat sebelum maghrib.

Maka menduga surat al-kahfi yang utama bisa dijalani malam jumat atau bersih hari dalam hari jumat. Imam Syafi’i menjelaskan di dalam kitabnya Al-Umm bahwa sunah membaca Surat al Kahfi dibaca di malam Jumat atau tengah hari harinya berdasar pada berbagai babad.